Langsung ke konten utama

Konsep WISATA KAMPUNG



Wisata Kampung, dikembangkan sebagai upaya untuk membangun ekonomi masyarakat di sektor pariwisata. Dengan konsep ini, diharapkan dapat menstimulasi perkembangan sektor lain yang terkait.
Kegiatan Kampung Wisata ini dikembangkan oleh KAMPUNG KITA, sebuah kelompok swadaya masyarakat.

Bantuan berupa saran maupun material masih kami harapkan dari donatur, dengan menghubungi kami di :
KAMPUNG KITA
COMMUNITY DEVELOPMENT
Jalan Maribaya 219 RT.04 RW.03
Desa Langensari, Kampung Cikidang, Kecamatan Lembang
Kabupaten Bandung


0812 183 1184

0819 111 234 81
email : info.cikidang@yahoo.com



visit to :
Community Development

Pengembangan Wisata Kampung di Cikidang, Lembang
(Konsep Pengembangan Ekowisata Berbasis Pengembangan Masyarakat)

Oleh :
Kelompok Swadaya Masyarakat Kampung Kita

Pendahuluan
• Lembang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia.
Kecamatan Lembang berada pada ketinggian antara 1.312 hingga 2.080 meter di atas permukaan laut. Titik tertingginya ada di Puncak Gunung Tangkuban Parahu. Sebagai daerah yang terletak di pegunungan, suhu rata-rata berkisar antara 17°-27°C.
Penduduk Lembang sebagian besar bermata pencarian sebagai petani, pedagang, pekerja sektor informal (buruh, pengemudi, dan sebagainya).
• Di kecamatan yang terbagi menjadi 16 Desa ini terdapat Observatorium Bosscha, serta berbagai tempat wisata seperti Gunung Tangkuban Perahu, Pemandian Maribaya, Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Dago Pakar), Hutan Wisata Cikole (Cikole Junggle Park) dan lain-lain.
• Kampung Cikidang merupakan wilayah yang berada di Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, memiliki berbagai potensi, terutama sumberdaya alamnya yang sangat berpeluang untuk dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata alam (eko wisata) yang unique dan bernilai jual tinggi. Dan berpeluang untuk dijadikan alternatif lapangan kerja baru bagi masyarakat.
• Wisata Kampung Cikidang dikembangkan dan dipasarkan mulai Januari 2008, dengan mengembangkan paket perjalanan wisata (trekking) dengan atraksi wisata yang ada di tengah kehidupan masyarakat (kegiatan ekonomi, kesenian, budaya, dsb). Serta diarahkan menjadi Paket Wisata Pendidikan dan Konservasi.


Analisa Situasi
(SWOT : Strenght, Weakness, Opportunities, Threats)

Strenght ( Kekuatan )
• Potensi alam yang bagus, indah dan bebas polusi
• Hasil alam berupa sayurann buah-buahan, dan bunga, menjadi daya tarik yang memiliki nilai jual wisata yang tinggi
• Memiliki peluang pengembangan paket-paket wisata yang unique, dan menarik dengan nilai jual tinggi
• Masyarakat masih mempertahankan nilai seni budaya tradisional.
• Lokasinya berdekatan dengan kota Bandung, yang sudah dikenal sampai mancanegara.
• Dapat dijadikan inti pengembangan untuk daerah sekitarnya (konsep wisata system plasma).
• Kemudahan akses meuju lokasi, karena berada pada jalur jalan kabupaten. (jalur jalan menuju kawasan wisata Maribaya)

Weakness (Kelemahan)
• Pandangan masyarakat umum (sebagai target calon pembeli/pengunjung) masih kurang terhadap jenis “ekowisata” di kampung.
• Belum ada penanganan secara serius, terutama kegiatan ekowisata (lembaga swadaya masyarakat sebagai motor penggerak)
• Sumber Daya Manusia yang masih perlu di optimalkan
• Koodinasi dengan operator wisata (terutama hotel-hotel yang ada di sekitar Lembang) belum terjalin
• Kegiatan networking / pengembangan jaringan kerja belum dibentuk secara optimal.
• Belum adanya program pemerintah, yang secara serius dan berkelanjutran mengembangkan wisata berbasis pengembangan masyarakat (community development)

Opportunities (Peluang)
• memiliki nilai jual yang tinggi melalui konsep wisata alam terpadu dengan konsep ‘Stop Global Warming’ dan Pengembangan Masyarakat
• memiliki market yang besar di Jabotabek dan Bandung
• memiliki peluang market dari mancanegara/ekspatriat yang besar, karena mereka lebih bisa menghargai konsep wisata yang berwawasan lingkungan.
• Memberikan kontribusi terhadap kegiatan ekonomi masyaraka sekitar proyek , sekaligus sebagai bentuk Community Development.
• Dapat dijadikan paket wisata alam dengan konsep kerjasama dengan Hotel-Hotel yang berada di sekitar Lembang, Bandung

Threats (Ancaman)
• Bencana alam (gempa dan angin) sehingga orang menjadi takut
• Krisis ekonomi dan menurunnya daya beli masyarakat
• Dimungkinkan munculnya LSM / pihak – pihak tertentu yang memiliki kepentingan sendiri, sehingga memperlambat proses pengembangan.
• Pengembangan kunjungan wisata di tengah permukiman penduduk, dimungkin timbulnya perubahan perilaku kearah negatife di tengah masyarakat



Konseptual
Wisata Kampung, merupakan alternatif wisata alam / ekowisata yang diharapkan memberikan dampak berganda (multiplier effect) terhadap pertumbuhan berbagai sector kehidupan masyarakat, terutama peningkatan ekonomi (melalui tambahan pendapatan dari kegiatan kunjungan wisata).

Wisata Kampung, diarahkan untuk kerjasama dengan perusahaan besar yang ada di sekitar kawasan; sebagai bentuk program CSR (Corporate Social Responsibility) / Community Development.

Kampung Cikidang dijadikan inti pengembangan daerah kunjungan wisata alam, dengan melibatkan unsure/potensi yang ada di desa / kampong lain yang ada di sekitar wilayah ini.
Melalui pengembangan Wisata Kampung di Cikidang ini, diharapkan memberikan khasanah / kekayaan daerah kunjungan wisata baru yang ada di Lembang, Bandung. Pada akhirnya kunjungan wisatawan semakin meningkat.

Pengembangan Wisata Kampung Cikidang diharapkan menjadi “Snow Ball / Bola Salju” yang akan semakin membesar pada saat digulirkan, dalam hal ini memberikan dampak pertumbuhan sector lain secara positip , misal perbaikan infrastruktur (terutama jalan dan penyediaan air bersih) di lingkungan permukiman penduduk.

Pengelolaan
• Wisata Kampung Cikidang, sasarannya diarahkan sebagai kegiatan wisata yang dikelola oleh masyarakat sendiri.
• Dalam tahap awal, diperlukan tenaga / motor penggerak dengan tidak berorientasi semata-mata terhadap materi.
• Wisata Kampung Cikidang, dikembangkan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat Kampung Kita. Untuk kegiatan pengembangan jaringan / pemasaran dan pengelolaan paket wisata di kelola oleh Spinach Event Management.
• Proses sosialisasi saat ini masih dalam tahap tingkat Kepala Desa. Untuk proses sosialisasi kepada masyarakat dilakukan secara bertahap dan simultan, melalui upaya menarik kunjungan tamu ber wisata kampong.


Dibuat oleh :
Kelompok Swadaya Masyarakat Kampung Kita
Sekretariat :
Jalan Raya Maribaya 219 RT.04 RW.03
Kampung Cikidang, Desa Langensari, Kecamatan Lembang

Kontak :
Taufik Hidayat 0819 111 234 81 – 0812 183 1184
email :
taufik311@yahoo.com

Postingan populer dari blog ini

Serba Susu Lembang Paket Outbound Seru di Bandung

Fun Games dengan konsep membuat kue bolu, dapat anda lakukan saat beraktifitas di SERBASUSU Lembang, Bandung. Konsep Wisata Outbound yang dikemas dengan kombinasi perjalanan, edukasi dan Team Building ini dikemas dengan konsep Fun dan Interaktif. RUMAH PRODUKSI SERBASUSU , merupakan tempat penjualan oleh oleh di Lembang, Bandung yang menggabungkan rumah produksi olahan susu sapi segar menjadi beberapa makanan oleh - oleh. Melalui aktifitas SERBASUSU Ecotourism, peserta akan diajak lebih dekat mengethui proses pembuatan sampai dengan proses packaging yang dilakukan secara home industry. Permainan akan seru, saat peserta akan menjadi KOKI DADAKAN , membuat bolu, dengan bahan dan alat yang harus dicari terlebih dahulu / memecahkan problem solving games. Aktiftas di SERBASUSU dapat juga menjadi salah satu aktifitas  LEMBANG OVERLAND TREASURE HUNT OUTBOUND, yang akan disetting berhubungan dengan lokasi wisata lainnya yang ada di Lembang (sesuai konsep). Start Poi

Outbound di Kebun Kaktus di Lembang Bandung

Bagi Anda yang hobi beternak kelinci, Kampung Cikidang-Lembang dapat dibilang Kampung kelinci. Beberapa jenis kelinci diternakan di perkampungan penduduk. Kelinci seperti : Rex, Popilon, Lion, Plump, Anggora mudah didapat disini. Bukan itu saja, salah satu kelebihan permukiman penduduk di Desa Langensari Lembang ini, terkenal dengan budidaya Kaktus Hias. Bagi Anda yang hobi dengan tanaman cantik ini, tersedia sampai ratusan jenis dengan harga mulai dari tiga ribuan sampai jutaan. Kaktus Untuk SOUVENIR Untuk permintaan khusus, kami juga menyediakan kaktus yang telah dikemas secara khusus untuk souvenir ulang tahun, pernikahan, hadiah, dsb Ingin koleksi, atau sekedar berkunjung dapat hubungi kami. Kami juga melayani penjualan dalam partai besar, hubungi : Info detail dan reservasi Event Organizer EO Outbound di Bandung, Paket Outbound di Bandung, Paket Offroad , Paintball , Rafting di Bandung Lembang, EO Gathering di Bandung untuk k

Tempat Outbound Lembang Bandung

Pilihan Tempat Outbound di Lembang Bandung berikut jenis penginapan dan jasa event organizer di Bandung Tempat Outbound di Lembang Bandung menawarkan banyak pilihan lokasi dan kegiatan / aktifitas. Sebagai salah tujuan wisata di Indonesia, Lembang Bandung kini banyak dikunjungi para wisatawan dari berbagai kota besar lainnya, seperti Bandung, Jakarta, Garut, Sukabumi, Cianjur, Bogor, Cikampek, Tangerang, Karawang, Bekasi, Cilegon, Anyer, bahkan sampai Papua memilih Lembang sebagai opsi kegiatan wisata. Beberapa area outbound di daerah Lembang Bandung, menyediakan beberapa aktiftas dan fasilitas untuk kegiatan group Gathering Outing Outbound, baik untuk perusahaan, kantor, family gathering, sekolah maupun organisasi yang menyelenggarakan kegiatan reuni, arisan, meeting, workshop dan sebagainya. Fasilitas dan kegiatan outbound menjadi pelengkap kegiatan untuk menghilangkan rasa jenuh sekaligus membangun kebersamaan. Lokasi / area outbound di Lembang, Bandung dan sekitarnya memberi